FESTIVAL SYI'IR NUSANTARA


Festival Syi’ir Nuswantara :
Mari Cinta Indonesia Dengan Berkarya

Buktikan jika kita bangsa yang kaya akan budaya dan tunjukkan nilai-nilai Perjuangan Islam di Nusantara, dengan Merekam Syair-Syair (Syi’ir) yang biasa di lantunkan di Masjid serta Mushalla lingkungan anda.

Untuk dapat mengikuti Festival Syi’ir ini caranya cukup mudah, yakni dengan mengirimkan copy rekaman Syi’ir yang sering di perdengarkan lima waktu sebelum atau setelah adzan di Masjid dan Mushalla di lingkungan anda, baik berupa lantunan pujian, doa maupun yang lainnya. Kirim copy rekaman (dalam format mp3) tersebut via email di semarakmuseumnu@gmail.com dan resolusijihadnu@gmail.com. Adapun batas akhir pengiriman copy rekaman tersebut, ada 2 (dua) gelombang yakni :

1. Gelombang Pertama mulai sekarang hingga tanggal 23 Nopember 2013 pukul 24.00 wib.
2. Gelombang kedua dari tanggal 25 Nopember 2013 hingga tanggal 7 Desember 2013 Pukul 24.00 wib.

Tentunya dari syi’ir-syi’ir kiriman yang terpilih (melalui batas akhir pengiriman gelmbang I), akan ditampilkan (Syarat dan ketentuan berlaku) di Festival Syi’ir Nusantara dalam rangkaian kegiatan Tapak Tilas Resolusi Jihad NU hari sabtu 23 Nopember mendatang di Surabaya. Nantinya, dari Rekaman Syi’ir yang tampil akan mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan sebagai wujud pelestarian terhadap nilai-nilai sastra budaya Islam Indonesia.

Penghargaan bagi Syi’ir yang tampil di Festival Syi’ir Nusantara sangatlah beragam sesuai kategori yang ada yakni :

1. 3 (tiga) Kategori Syi’ir terbaik, secara berurutan akan mendapatkan Piagam penghargaan dan Uang pembinaan masing-masing senilai 250 ribu, 500 ribu dan 750 ribu.
2. 1 (satu) Kategori Syi’ir Populer akan mendapatkan Piagam penghargaan dan Uang pembinaan sebesar 750 ribu rupiah.
3. 1 (satu) Kategori Syi’ir yang mudah dihafal akan mendapatkan Piagam penghargaan dan Uang pembinaan sebesar 750 ribu rupiah.

Jadi jangan lewatkan kesempatan baik ini, untuk dapat menunjukkan kontribusi anda dalam pelestarian nilai-nilai sastra dan budaya Islam Indonesia. Kirim segera dan Hadiri Festival Syi’ir Nusantara dalam rangkaian Tapak Tilas Resolusi Jihad NU, Minggu 24 Nopember 2013 Jam 19.00 wib di halam kantor PCNU Kota Surabaya, Jl Bubutan Surabaya.

Syarat dan Ketentuan dalam mengikuti Festival Syi’ir Museum Nahdlatul Ulama.

1) Peserta Boleh mengirimkan Karyanya lebih dari satu
2) Peserta diharapkan memberikan Data Pribadi berupa Curikulum Vitae (CV), Copy KTP dan Nomor rekening, serta mengirimkan Karya Audio (Boleh Visual) sebagai karya asli (orisinil), bukan jiplakan atau saduran atau sejenisnya yang melanggar aturan hukum Hak Cipta. Jika nanti terjadi gugatan dari pihak-pihak lain, hal itu merupakan tanggung jawab Pengirim Karya (peserta).
3) Karya Sya’ir ini boleh di ikuti berbagai daerah Anak bangsa yang ada di indonesia, dan boleh menampilkan Syair Syair ke-Daerah-an (bahasa daerah).
4) Karya Audio Syair ini boleh di lakukan sendiri atau dilakukan secara kelompok, dengan melampirkan sejarahnya serta data masjid, mushola atau Surau tempat syair itu dilantunkan serta melampirkan Arti dari Syair (Pujian-Pujian) kedalam bentuk Word (RTF) sebagai bank data Museum Nahdlotul Ulama.
5) Karya Sya’ir Sya’ir dalam bentuk MP3 atau dalam bentuk audio lainnya, bisa dari Rekaman, Studio, HP, Recorder yang penting bisa di email dengan kapasitas maksimal 25 Mb.
6) Setiap Karya Syair peserta yang terkirim di email kami menjadi Hak Museum nahdlotul Ulama’ untuk di dokumentasikan dan di publikasikan, kecuali dengan perjanjian tertentu yang terkait dengan komersialisasi.
7) Setiap Karya yang masuk akan diseleksi oleh Tim Panitia Festival Syi’ir dan keputusan Tim Panitia tidak dapat diganggu gugat.
Penentuan pemenang dalam lomba ini akan diumumkan di medial sosial serta media nasional.
9) Hal-hal yang belum jelas dalam ketentuan ini, dapat ditanyakan langsung kepada panitia. (cp. a/n Anne Akhmadin 081358245934/ 085731872869 atau cp a/n Udy Hakim 081 938 04 5003).
10) Hadiah akan segera dikirim paling lambat 7 hari setelah pengumuman dan akan dilakukan konfirmasi Telepon & email

No comments: