Belajar bahasa inggris VII

 
#Basic_Grammar_Lessons_007
#Basic_Concepts
#Parts_of_Speech
#Adjective_Participles

Seperti yang sudah saya berikan pada minggu lalu, sebenarnya masih ada satu lagi jenis Adjective (Kata Sifat), yaitu #Participial_Adjective. Terdapat dua bentuk participles, sekali lagi diingat, HANYA DUA BENTUK, yang bisa digunakan sebagai adjective, yaitu:

1. Present Participle, merupakan adjective dalam bentuk kata kerja + -ing, contoh: amusing, boring

2. Past Participle, merupakan adjective dalam bentuk kata kerja + -ed, contoh: amused, bored

Contoh penggunaan dalam kalimat:

This class is boring, the students are bored
English is amusing, many are amused to learn it.

PERLU DIPERHATIKAN!

Bentuk adjective semacam ini rawan dirancukan dengan bentuk #kata_kerja #present_participle dan #past_participle yang umum, juga #Gerund, lalu apa yang membedakannya?

1. Participial Adjective tidak pernah berfungsi sebagai predikat dalam sebuah kalimat.

2. Participial Adjective tidak bisa berfungsi baik sebagai subjek maupun objek kalimat, hanya bisa berfungsi sebagai complement.

3. Participial Adjective tidak bisa dikembangkan sebagai anak kalimat.

CONTOH KASUS:

1. kata FLY (-ing form)

Participial Verbs:

The PLANES that are FLYING ARE dangerous
(Pesawat-pesawat yang sedang berterbangan itu membahayakan)

- Hampir sama dengan Participial Adjective, tapi subjek yang diberi penekanan adalah pesawatnya, sedangkan ARE FLYING di sini menjelaskan apa yang sedang berlaku / dilakukan oleh pesawat, yaitu sedang terbang. Apakah bisa memakai double are dalam sebuah kalimat? Bisa saja asal konteksnya pas, kata kuncinya ada kata untuk memperluas kalimat namun mempersempit makna, yaitu that. Kalimat ini masih bisa dikembangkan, misalnya menjadi:

The PLANES | that are FLYING | on the northern blue sky in this bright daylight | ARE dangerous
(Pesawat-pesawat | yang sedang berterbangan | di bagian utara langit yang biru pada siang yang cerah ini | membahayakan.)

Gerund:

FLYING PLANES IS dangerous.
(Menerbangkan pesawat itu [merupakan kegiatan] yang berbahaya)

- Di sini kata flying pada FLYING PLANES menjadi subjek kalimat, tidak seperti sebelumnya yang menjadi predikat, dan karena ini gerund, planes justru menjadi complement bagi flying. Dikarenakan bentuk gerund selalu mempunyai atribut singular, kata kerja / predikat yang adalah kata kerja singular juga, dalam kasus ini IS.

Participial Adjectives:

FLYING PLANES ARE dangerous.
(Pesawat-pesawat yang sedang berterbangan itu membahayakan)

- Dalam kalimat ini flying dalam FLYING PLANES berfungsi untuk menjelaskan keadaan pesawat, namun kata flying sendiri tidak bisa dikembangkan, hanya bisa ditambahkan present participle lain yang juga berfungsi sebagai adjective, contoh

The | MANEUVERING HOVERING FLYING | PLANES | are | dangerous.
Kalimat semacam ini secara grammatical bisa diterima, dan grammatical, hanya saja, penggunaannya di dunia nyata kurang lazim.

2. Kata BORE (-ing dan -ed form)

I am BORED
(Saya bosan)

I am BORING
(Saya membosankan)

- Ada kesalah-kaprahan yang luas tentang kata ini, tidak hanya pada orang Indonesia, tapi orang Amerika pun sering. Jika ingin mengatakan "Saya bosen dengan kelas bahasa Inggris itu." jangan sekali-kali mengatakan "I am boring with the English Class." Sama saja dengan kalimat campuran "Saya lagi boring." itu menyatakan bahwa andalah yang membosankan / orang yang membosankan.

Saya rasa cukup itu saja pelajaran untuk malam ini. Semoga kelas bahasa Inggris kita tidak membosankan seperti contoh kalimat di atas, dan semoga bermanfaat.
link asal

No comments: