MENGENAL KOMPUTER (2)



SEJARAH WORDSTAR

bermula dari IMS Associated Inc (IMSAI), perusahaan milik William H Millard. Millard mempekerjakan Seymour Rubinstein sebagai Direktur Marketing di IMSAI juga sebagai Assembly code progammer, john Robbins Barnaby sebagai system programmer. IMSAI membuat komputer yang berbasis di CPU 8080 dan menjalankan system operasi Digital Research CP/M (Control Program/ Monitor atau Control program untuk Micro computer). IMSAI 8080 adalah duplikasi dari 8-bit computer MITS Altair yang aseli. Rob Barnaby memasukkan perangkat tambahan ke system operasi CP/M, menambahkan file pendukung untuk memungkinkan file-file yang lebih besar dari memory komputer untuk bisa di edit juga segala yang berguna dan berfungsi baik.

ED menjadi NED

Barnaby tidak menyukai ED Line Editor CP/M, lalu dia membuat perbaikan yang disebut NED (New EDitor). ketidak sukaannya terhadap ED yang telah di tulis di PL/M (Programming Language for Microprocessor yang merupakan bagian dari PL/I, Programming Language One), Barnaby menggunakan aplikasi untuk NED. setelah sebagian fungsi ED di gabungkan, Barnaby menambahkan Mode Video yang memungkinkan untuk pergerakan cursor 2 dimensi. NED mempertahankan mode perintah ED untuk fungsi editing.

HARI PERTAMA DAN MICROPRO

WORD MASTER 1976-1977

Rubinstein meninggalkan IMSAI dengan modal sebesar $8,500 dia membuat perusahaan pribadi, yang disebut MICROPRO INTERNATIONAL INC. Rubinstein memperoleh laporan dari DataPro pada pengolahan data komputer dan fitur2 yang ditawarkan oleh software yang di jalankan (waktu itu pemroses data berbasis spesialis hardware computer). System ini bersatu dalam nama seperti Lanier, Vydec, Xerox, IBM dan Wang. berdasarkan informasi ini Rubinstein mengambil keputusan bahwa Micropro dapat berjalan pada word processor untuk O.S CP/M yang tidak mengikat pada spesifikasi hardware komputer.

Rubinstein membujuk Barnaby untuk bekerjasama dalam New MicroPro dan sebagai penulis editor dan juga penyunting program. dalam beberapa bulan Barnaby menuntaskan dua tulisan program assembly, mereka meluncurkan WordMaster (1976) dan SuperSort (1997), keduanya berjalan di O.S CP/M. WordMaster pada dasarnya sama dengan NED dalam menjadi text editor yang simple tanpa memformat. WordMaster plus adalah program format yang disebut Tex, MicroPro yang telah dibentuk di pasarkan dari september 1978 sampai April 1979, ketika WordStar pertama kali muncul di the West Coast Computer Faire at Brooks Hall di san francisco, SuperSort membatasi penjualannya saat itu karena "pengguna CP/M belum siap untuk pemroses data" - seymour Rubinstein, Juni 2002

IMSAI milik Millard bermasalah lalu menjalankan ComputerLand

"...IMSAI mengalami pemunduran, seiring waktu MicroPro memulai pemasaran produk. informasi pasaran mengalami peningkatan dan S-100 pengguna memmbeli produk yang di buat diluar pabrikan yang mana lebih murah dari produk IMSAI. daripada bersaing dengan perusahaan kecil, BILL MILLARD memulai Computerland. Untuk menjual produk lain bagi pengguna BISNIS. Produk IMSAI tidak memperdulikan saingan harga (dan direktur marketing Bill dan kepala programmer meninggalkannya) dan perusahaannya mengalami kebangkrutan. lalu, sementara itu WordMaster, Supersort dan WordStar bersaing di IMSAI (saya menggunakan milik saya sampai saya mendapatkan IBM PC), sebagian pelanggan menggunakan itu semua. - Rob Barnaby dalam e-mail ke mike petrie 2 may 2000 LAHIRNYA WORDSTAR

mengikuti kompetisi WordMaster dan SuperSort, Barnaby mmulai bekerja untuk Rubinstein's New Word Processor yang kelak menjadi WORDSTAR. Yang sekarang terkenal perintah WordStar pertama kali muncul di program baru ini perintah itu adalah WordMaster, yang nampak jelas adalah perbedaan dan pemisahan antara mode perintah (control) dan mode Video (edit). Program baru ini juga memasukkan perintah cetak dan format teks dasar yang sebelumnya harus dilakukan secara terpisah oleh program tambahan. Rob Barnaby mengatakan: "seymour adalah pengatur pemasaran, dia-lah yang mengatakan kita harus menguasai word processing untuk menguasi pasar. definisi perubahan adalah menambahkan margin dan word wrap. perubahan tambahan termasuk menyingkirkan modus perintah (command mode) dan menambahkan fungsi cetak (Print function) saya lah otak dari pekerjaan ini, saya mengerti bagaimana mengerjakannya, melakukannya dan mendokumentasikannya. keberhasilan produk ini saya pikir terkait dengan kebijakan produk dan menjadi implementasi yang bagus untuk memberikan kelengkapan untuk saya" -- rob barnaby dalam e-mail ke Mike Petrie 3 May 2000.

sumber cuplikan dari : http://www.wordstar.org/index.php/wordstar-history
link asal 

No comments: